Minggu, Februari 12, 2012

Code Google


Google udah gak asing lagi ditelinga kita. Om, Mbak, Pak, Mas, atau Mbah Google jadi julukan yang dilontarkan temen-temen ataupun dosen saya tiap harinya. Emang gak bisa dipungkiri lagi deh kalo tempat searching paling enak ya pake Google.

Saya yakin para pembaca udah pada tau cara buka Google (www.google.com), mudah2an orang Indonesia udah tau semua. Google menyediakan banyak fitur untuk memudahkan pencarian kita. Juga yang bisa dicari macam-macam, antara lain website, gambar, blog, video, audio, dokumen, file berformat tertentu, dan lain-lain deh (tinggal pilih aja dimenu google).

Google juga menyediakan fitur yang memudahkan pencarian dengan syntax (kata-kata khusus) tertentu agar kita bisa lebih spesifik dengan hasil pencarian yang ingin kita dapat. Syntax ini bisa ditulis atau disisipkan aja dibagian input text untuk searching. Beberapa diantaranya:


Tanda minus (-)

Menghilangkan kata-kata yang tidak diinginkan dalam pencarian
contoh penulisan :
pulau -bali
Keterangan : gak akan menemukan kata ‘bali’ dalam pencarian


Tanda kutip dua (” “)

Kata yang dicari jadi lebih spesifik
contoh penulisan :
“republik indonesia”
Keterangan : hasil yang didapat memiliki kata “republik indonesia” bukan “republik” dan “indonesia”


Intitle

Kata yang bersangkutan selalu ada dijudul
contoh penulisan :
intitle: spiderman


Intext

Kata yang bersangkutan selalu ada dikutipan text
contoh penulisan :
intext: adobe


Inurl

Kata yang bersangkutan selalu ada dialamat web
contoh penulisan :
inurl: taekwondo
Keterangan : alamat web ada dibawah hasil, biasanya berwarna hijau


Filetype

Mencari file dengan format tertentu
contoh penulisan :
HTML filetype:pdf


Tanda bintang (*) atau dinamakan wildcard

Meminta google mencarikan kata yang hilang atau terlupa
contoh penulisan :
who * to be millionaire


AND (huruf kapital)

Kedua kata (atau lebih) harus ada dalam setiap hasil pencarian
contoh penulisan :
photoshop AND fireworks

OR (huruf kapital)

minimal salah satu kata ada dalam pencarian
contoh penulisan :
flash OR Director

Info

mencari informasi website tertentu
contoh penulisan :
info:www.detik.com
Keterangan : misalnya kalo pilih similiar/mirip dengan maka akan ditampilkan website sejenis


2 Comments :

  1. This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. It contains truly information. Your website is very useful. I admire the valuable advice you make available in your expertly written content. I want to thank you for this informative read; I really appreciate sharing this great.

    BalasHapus
  2. This is a great inspiring article. I am pretty much pleased with your good work. You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.

    BalasHapus